Topic: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

Sore para senior, saya ingin bertanya tentang perubahan warna pada liquid
Saya seorang newbie yang selalu gampang bosan pada satu rasa e liquid (saya penggemar creamy)
Nah saya punya beberapa botol e liquid yang saya perhatikan berubah warna , yang awalnya bening (kyk komodo not so lazy) berubah menjadi kuning kecoklatan pekat. Ada juga cookies n cream dan cookies n berry buatan 9 naga yang awalnya oranye jd oranye coklat pekat. (Disini saya simpan mereka di tempat tertutup dan gelap) rata rata sebulan dua bulan saya simpan krn bosan.
Apakah berbahaya?
Apakah kadaluarsa?
Jika dibuang waduh sayang sekali karena saya harus membuang banyak e liquid saya
Mohon saran dari saudar saudara vapers disini

smoant.com

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

RajaBeruankCokelat wrote:

Sore para senior, saya ingin bertanya tentang perubahan warna pada liquid
Saya seorang newbie yang selalu gampang bosan pada satu rasa e liquid (saya penggemar creamy)
Nah saya punya beberapa botol e liquid yang saya perhatikan berubah warna , yang awalnya bening (kyk komodo not so lazy) berubah menjadi kuning kecoklatan pekat. Ada juga cookies n cream dan cookies n berry buatan 9 naga yang awalnya oranye jd oranye coklat pekat. (Disini saya simpan mereka di tempat tertutup dan gelap) rata rata sebulan dua bulan saya simpan krn bosan.
Apakah berbahaya?
Apakah kadaluarsa?
Jika dibuang waduh sayang sekali karena saya harus membuang banyak e liquid saya
Mohon saran dari saudar saudara vapers disini


Gpp sih, itu normal, proses oksidasi.

Tapi jangan sampe kelamaan, bli secukupnya ajah bro

kalo lama ga saya pake ( 3-6 bulan ) biasanya ta masukin kulkas lebih awet THnya, kl di simpen dilemari doang kadang ngambar THnya...

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

Dimasukin kulkas ya..
Maklum senior sekali beli banyak
Habis rasanya bermacam macam sih
Beda sm rokok

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

RajaBeruankCokelat wrote:

Sore para senior, saya ingin bertanya tentang perubahan warna pada liquid
Saya seorang newbie yang selalu gampang bosan pada satu rasa e liquid (saya penggemar creamy)
Nah saya punya beberapa botol e liquid yang saya perhatikan berubah warna , yang awalnya bening (kyk komodo not so lazy) berubah menjadi kuning kecoklatan pekat. Ada juga cookies n cream dan cookies n berry buatan 9 naga yang awalnya oranye jd oranye coklat pekat. (Disini saya simpan mereka di tempat tertutup dan gelap) rata rata sebulan dua bulan saya simpan krn bosan.
Apakah berbahaya?
Apakah kadaluarsa?
Jika dibuang waduh sayang sekali karena saya harus membuang banyak e liquid saya
Mohon saran dari saudar saudara vapers disini

Buang kemari aja gan, nanti ane DM alamatnya lol

Seperti yang dikatakan om cibi sih, bener itu normal karena liquid bereaksi (reaksi oksidasi) dengan oksigen, mirip kayak agan ketika ngupas apel, pasti kalau dibiarkan kena udara berubah menjadi cokelat, itu prinsipnya sama.
Ane pernah paling lama 6 bulan liquid dibiarkan teroksidasi, dan gak masalah.
Cuma kalau sudah lewat 2 bulan, kemungkinan perubahan rasa bisa terjadi. Pada proses brewing liquid proses ini diperlukan, biar "Mateng" liquidnya. Tapi pada liquid yang udah dipakai dan udah "Mateng" ada kemungkinan terjadi perubahan rasa yang tidak diharapkan, jadi gak enak, hambar, atau TH jadi kasar.
Saran ane sih, kalau mau beli liquid banyak, cobain per botol, jadi pakai satu botol dulu, habiskan, baru ganti liquid.  Karena semakin banyak liquid terekspos dengan udara, semakin cepat proses oksidasinya. Kalau sudah dipakai liquidnya kan bakal ada udara lebih dalam botol liquidnya dibandingkan ketika masih baru, nah itu rasionalisasinya.

"Rebuildable Atomizer Is Only As Good As The Build Inside"

follow my instagram : @paceyombex
Remember, always vape safely

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

^
Jiah ngareppp hahahaha

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

putraramadhan76 wrote:
RajaBeruankCokelat wrote:

Sore para senior, saya ingin bertanya tentang perubahan warna pada liquid
Saya seorang newbie yang selalu gampang bosan pada satu rasa e liquid (saya penggemar creamy)
Nah saya punya beberapa botol e liquid yang saya perhatikan berubah warna , yang awalnya bening (kyk komodo not so lazy) berubah menjadi kuning kecoklatan pekat. Ada juga cookies n cream dan cookies n berry buatan 9 naga yang awalnya oranye jd oranye coklat pekat. (Disini saya simpan mereka di tempat tertutup dan gelap) rata rata sebulan dua bulan saya simpan krn bosan.
Apakah berbahaya?
Apakah kadaluarsa?
Jika dibuang waduh sayang sekali karena saya harus membuang banyak e liquid saya
Mohon saran dari saudar saudara vapers disini

Buang kemari aja gan, nanti ane DM alamatnya lol

Seperti yang dikatakan om cibi sih, bener itu normal karena liquid bereaksi (reaksi oksidasi) dengan oksigen, mirip kayak agan ketika ngupas apel, pasti kalau dibiarkan kena udara berubah menjadi cokelat, itu prinsipnya sama.
Ane pernah paling lama 6 bulan liquid dibiarkan teroksidasi, dan gak masalah.
Cuma kalau sudah lewat 2 bulan, kemungkinan perubahan rasa bisa terjadi. Pada proses brewing liquid proses ini diperlukan, biar "Mateng" liquidnya. Tapi pada liquid yang udah dipakai dan udah "Mateng" ada kemungkinan terjadi perubahan rasa yang tidak diharapkan, jadi gak enak, hambar, atau TH jadi kasar.
Saran ane sih, kalau mau beli liquid banyak, cobain per botol, jadi pakai satu botol dulu, habiskan, baru ganti liquid.  Karena semakin banyak liquid terekspos dengan udara, semakin cepat proses oksidasinya. Kalau sudah dipakai liquidnya kan bakal ada udara lebih dalam botol liquidnya dibandingkan ketika masih baru, nah itu rasionalisasinya.

Masalahnya saya gampang bosen gan
Baru setengah botol aja rasanya sudah berubah
Terutama pakai botol plastik yg atasnya runcing
Dan saya juga g pernah mengulang rasa yg sama
Kayaknya ada sebagian yg sudah lebih enam bulan..
Aduh...

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

RajaBeruankCokelat wrote:
putraramadhan76 wrote:
RajaBeruankCokelat wrote:

Sore para senior, saya ingin bertanya tentang perubahan warna pada liquid
Saya seorang newbie yang selalu gampang bosan pada satu rasa e liquid (saya penggemar creamy)
Nah saya punya beberapa botol e liquid yang saya perhatikan berubah warna , yang awalnya bening (kyk komodo not so lazy) berubah menjadi kuning kecoklatan pekat. Ada juga cookies n cream dan cookies n berry buatan 9 naga yang awalnya oranye jd oranye coklat pekat. (Disini saya simpan mereka di tempat tertutup dan gelap) rata rata sebulan dua bulan saya simpan krn bosan.
Apakah berbahaya?
Apakah kadaluarsa?
Jika dibuang waduh sayang sekali karena saya harus membuang banyak e liquid saya
Mohon saran dari saudar saudara vapers disini

Buang kemari aja gan, nanti ane DM alamatnya lol

Seperti yang dikatakan om cibi sih, bener itu normal karena liquid bereaksi (reaksi oksidasi) dengan oksigen, mirip kayak agan ketika ngupas apel, pasti kalau dibiarkan kena udara berubah menjadi cokelat, itu prinsipnya sama.
Ane pernah paling lama 6 bulan liquid dibiarkan teroksidasi, dan gak masalah.
Cuma kalau sudah lewat 2 bulan, kemungkinan perubahan rasa bisa terjadi. Pada proses brewing liquid proses ini diperlukan, biar "Mateng" liquidnya. Tapi pada liquid yang udah dipakai dan udah "Mateng" ada kemungkinan terjadi perubahan rasa yang tidak diharapkan, jadi gak enak, hambar, atau TH jadi kasar.
Saran ane sih, kalau mau beli liquid banyak, cobain per botol, jadi pakai satu botol dulu, habiskan, baru ganti liquid.  Karena semakin banyak liquid terekspos dengan udara, semakin cepat proses oksidasinya. Kalau sudah dipakai liquidnya kan bakal ada udara lebih dalam botol liquidnya dibandingkan ketika masih baru, nah itu rasionalisasinya.

Masalahnya saya gampang bosen gan
Baru setengah botol aja rasanya sudah berubah
Terutama pakai botol plastik yg atasnya runcing
Dan saya juga g pernah mengulang rasa yg sama
Kayaknya ada sebagian yg sudah lebih enam bulan..
Aduh...

Sebenarnya orang kayak agan nih cocok tinggal di luar negeri, soalnya banyak tersedia liquid yang 10 ml, jadi bisa nyoba-nyoba tanpa takut liquid kesimpan terlalu lama.
Tapi kalau agan cepat bosannya sih bisa ikuti saran om cibi, di masukkan kulkas, biar oksidasinya melambat, tapi jangan sampai beku, cukup di bagian bawah saja, sekedar dingin.

Tapi serius agan gak pernah nyoba liquid yang sama? Belum nemu liquid favorit kah?

"Rebuildable Atomizer Is Only As Good As The Build Inside"

follow my instagram : @paceyombex
Remember, always vape safely

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

putraramadhan76 wrote:
RajaBeruankCokelat wrote:
putraramadhan76 wrote:

Buang kemari aja gan, nanti ane DM alamatnya lol

Seperti yang dikatakan om cibi sih, bener itu normal karena liquid bereaksi (reaksi oksidasi) dengan oksigen, mirip kayak agan ketika ngupas apel, pasti kalau dibiarkan kena udara berubah menjadi cokelat, itu prinsipnya sama.
Ane pernah paling lama 6 bulan liquid dibiarkan teroksidasi, dan gak masalah.
Cuma kalau sudah lewat 2 bulan, kemungkinan perubahan rasa bisa terjadi. Pada proses brewing liquid proses ini diperlukan, biar "Mateng" liquidnya. Tapi pada liquid yang udah dipakai dan udah "Mateng" ada kemungkinan terjadi perubahan rasa yang tidak diharapkan, jadi gak enak, hambar, atau TH jadi kasar.
Saran ane sih, kalau mau beli liquid banyak, cobain per botol, jadi pakai satu botol dulu, habiskan, baru ganti liquid.  Karena semakin banyak liquid terekspos dengan udara, semakin cepat proses oksidasinya. Kalau sudah dipakai liquidnya kan bakal ada udara lebih dalam botol liquidnya dibandingkan ketika masih baru, nah itu rasionalisasinya.

Masalahnya saya gampang bosen gan
Baru setengah botol aja rasanya sudah berubah
Terutama pakai botol plastik yg atasnya runcing
Dan saya juga g pernah mengulang rasa yg sama
Kayaknya ada sebagian yg sudah lebih enam bulan..
Aduh...

Sebenarnya orang kayak agan nih cocok tinggal di luar negeri, soalnya banyak tersedia liquid yang 10 ml, jadi bisa nyoba-nyoba tanpa takut liquid kesimpan terlalu lama.
Tapi kalau agan cepat bosannya sih bisa ikuti saran om cibi, di masukkan kulkas, biar oksidasinya melambat, tapi jangan sampai beku, cukup di bagian bawah saja, sekedar dingin.

Tapi serius agan gak pernah nyoba liquid yang sama? Belum nemu liquid favorit kah?

Serius gan , ane g pernah nyoba liquud yang sama,
Favorit? Kayaknya susah agan
Beberapa penyebab ane suka bosan
1. Rasa yang monoton, kadang suka berubah
2. Banyak sekali jenis rasa e liquid diluar sana
3. Kemasan e liquid yang buat penasaran (walau kadang sama saja, contoh: rasa donat pisang dengan brewer satu dengan yg lain kadang rasanya 11-12) tp karena kemasannya bikin penasaran jd tergoda.
4. Terkadang tidak terdapat tester, jadi kayak beli kucing dalam karung.
Dan banyak lagi

Re: E liquid berubah warna apakah berbahaya?

RajaBeruankCokelat wrote:
putraramadhan76 wrote:
RajaBeruankCokelat wrote:

Masalahnya saya gampang bosen gan
Baru setengah botol aja rasanya sudah berubah
Terutama pakai botol plastik yg atasnya runcing
Dan saya juga g pernah mengulang rasa yg sama
Kayaknya ada sebagian yg sudah lebih enam bulan..
Aduh...

Sebenarnya orang kayak agan nih cocok tinggal di luar negeri, soalnya banyak tersedia liquid yang 10 ml, jadi bisa nyoba-nyoba tanpa takut liquid kesimpan terlalu lama.
Tapi kalau agan cepat bosannya sih bisa ikuti saran om cibi, di masukkan kulkas, biar oksidasinya melambat, tapi jangan sampai beku, cukup di bagian bawah saja, sekedar dingin.

Tapi serius agan gak pernah nyoba liquid yang sama? Belum nemu liquid favorit kah?

Serius gan , ane g pernah nyoba liquud yang sama,
Favorit? Kayaknya susah agan
Beberapa penyebab ane suka bosan
1. Rasa yang monoton, kadang suka berubah
2. Banyak sekali jenis rasa e liquid diluar sana
3. Kemasan e liquid yang buat penasaran (walau kadang sama saja, contoh: rasa donat pisang dengan brewer satu dengan yg lain kadang rasanya 11-12) tp karena kemasannya bikin penasaran jd tergoda.
4. Terkadang tidak terdapat tester, jadi kayak beli kucing dalam karung.
Dan banyak lagi

Soal monoton sih emang ane juga merasakan sih. Banyaknya pilihan liquid juga bikin penasaran, kayak kata agan tadi, profil rasa mirip tapi kemasannya beda, jadi bikin penasaran pengen nyobain.
Agak susah sih sebenarnya, soalnya kalau sudah bosan yaah bosan aja, mau apa pun liquidnya, berarti agan mesti explore lagi selera agan, harusnya sih nemu lah liquid dengan profil rasa yang paling agan suka, nah langsung agan cari tuh produsen mana yang liquidnya enak terus, gak bosan dicobainnya. Misal kalau ane nih, cokelat susu ane paling suka golden ticket (bukan promosi, ane gak ada relasi apapun), entar kalau kepengen liquid susu cokelat belinya itu aja, gak yang lain, soalnya udah tahu kalau konsisten.
Entar kalau sudah Nemu liquid favorit, harusnya masalah liquid sisa banyak bakal susah terjadi, soalnya udah pasti habis karena liquid favorit.

"Rebuildable Atomizer Is Only As Good As The Build Inside"

follow my instagram : @paceyombex
Remember, always vape safely