Topic: (ASK) Bolehkah kita bertanya Exp./Born Date dalam membeli liquid?

Hello para suhu..
Saya mau curcol sedikit nih mengenai liquid2 vapor yg beredar di pasaran..
Kenapa ya kebanyakan para seller di marketplace2 ternama pada susah bgt kasih tau exp date/born date dari liquid jualan mereka?
Saya tanya baik official store2, maupun toko biasa, selalu kadang klo ga dijawab ya jawabnya asal2an, pdhal kan kita di sini pgn tau brg yg kita beli itu masih layak ga utk dbwt ngevape? Saya bknnya ga percaya tp kenyataanya, saya sendiri pernah mengalami, dapat liquid di mana born datenya bln 3 2019 dan saya beli pada bln 1 2020, dan liquid ini tetap dijual dan klo menurut yg saya baca di internet liquid memiliki exp date sekitar 2 thn, tapi rasa dari liquid sdh berkurang jauh, hampir hambar.. Dan gmna kelanjutannya dr liquid itu? Pasti kan bakal dibuang/dibiarkan begitu saja, atau bakal divape dengan rasa menyesal..
Sekarang malah saya jadi takut & bingung, serta siap menerima jika produk yg saya beli adalah produk sdh tidak layak pakai, padahal saya beli bukan minta gratisan.

Di sini saya merasa ini merupakan salah satu 'biggest flaw' dimana para brewer/produsen2 liquid vape harus lebih memperhatikan produknya, plg tidak harus dikasi exp date ataupun born date di mana kebanyakan produsen2 lokal tidak mencantumkan exp date/born date liquid buatan mereka. Dibanding rokok konvensional skg semua sdh ada tgl produksi mereka jadi konsumen tahu produk yg mereka bli masih layak pakai.

Bagaimana tanggapan para suhu2? Apakah ada cara yg bijak spya dalam membeli tidak dapat barang lama?

indovapor