pekanbarugamer wrote:
adityabdurramzy wrote:

Wah apa perlu kita bikin legalisasi vaping nusantara ? Haha
setuju sama brother2 diatas , jaga etika aja waktu vaping di tempat umum . Orang awam yg nggak ngerti kan juga ngeri kalo ngeliat vapor segitu banyaknya . Oiya ttg ijin ke BPOM itu juga bukan perkara mudah bro , soalnya dulu pernah ada seminar yg ngedatengin BPOM di kampus untuk tugas semester , emang sih beliau njelasin gampaaaaaaang banget kalo mau ngurus ijin , tapi banyak mahasiswa yg protes kalo mereka udah ngajuin tapi nggak diurus2 , bisa2 sampe 8 bulan baru dapet ijin , nah lo. mau dapet nilai dari mana semester ini kalo tugas yg kita kerjain harus dapet ijin dari BPOM ? Fyi tugas yg aku kerjain berhubungan sama sabun wkwkw . Dan ya ternyata inti solusi yg beliau berikan nggak jauh2 dari pake uang pelicin biar lancar -_-
maaf kalo kepanjangan dan OOT cuman sekedar sharing

Izin usaha dan izin BPOM emang perlu,krn kategori ni barang masuk ke badan,.,
krn kita kan ga tau,.,mana tau yg jual racikan mereka menggunakan bahan2 ga foodgrade kan ??

mikir baiknya : semua pedagang liquid racikan tau bahwa liquid ini harus menggunakan bahan2 aman,dengan takaran yg aman
mikir jeleknya : beberapa pedagang yg penting untung, stok bahan foodgrade lagi abis,.,pake bahan yg ada aja deh,.,yg penting dagangan laris., big_smile

kalo masalah lama di kasih izin itu ya,.,biasalah bro,.,berdasarkan UUD,. ( Ujung Ujungnya Duit ),.,urusan pedagang dan BPOM aja lah itu
yg penting vaping tidak dilarang aja,.,hehehe,.,

oleh karena itu gan d US sendiri selain mereka membuat standar2 untuk vaporizer n liquid, mereka juga mengawas dgn ketat. Pengawasan ketat "BPOM" US amat terkenal gan tp bukan berarti ane membesar2kan mereka y karena "BPOM" dan "KEMDAG" US pernah mempersulit dan melarang barang Indonesia masuk sana. Seleksi ketat juga d terapkan d Jepang, makanya barang Indonesia juga sering susah masuk Jepang

adityabdurramzy wrote:

Wah apa perlu kita bikin legalisasi vaping nusantara ? Haha
setuju sama brother2 diatas , jaga etika aja waktu vaping di tempat umum . Orang awam yg nggak ngerti kan juga ngeri kalo ngeliat vapor segitu banyaknya . Oiya ttg ijin ke BPOM itu juga bukan perkara mudah bro , soalnya dulu pernah ada seminar yg ngedatengin BPOM di kampus untuk tugas semester , emang sih beliau njelasin gampaaaaaaang banget kalo mau ngurus ijin , tapi banyak mahasiswa yg protes kalo mereka udah ngajuin tapi nggak diurus2 , bisa2 sampe 8 bulan baru dapet ijin , nah lo. mau dapet nilai dari mana semester ini kalo tugas yg kita kerjain harus dapet ijin dari BPOM ? Fyi tugas yg aku kerjain berhubungan sama sabun wkwkw . Dan ya ternyata inti solusi yg beliau berikan nggak jauh2 dari pake uang pelicin biar lancar -_-
maaf kalo kepanjangan dan OOT cuman sekedar sharing

iya makanya tadi khan ane bilang gan, palingan permasalahan duitnya (maksudnya uang pelicin) karena ane juga tau hampir semua (knp ane blg hampir karena masih ada juga yg baik dan jujur) di instansi2 pemerintah apabila ngurus ijin atw apapun pastinya keluarin uang juga walau teorinya gak ada uang.

kalo menurut ane legalisasi juga diperlukan tetapi berhubung anggota DPR lg sibuk ngurusin hal lain jadi mengenai hal ini dikesampingakan terlebih dahulu tetapi tetap positif suatu saat nanti akan terjadi legal seperti negara lain yg sudah melakukannya

ijin ikut nimbrung y. mengenai vaporizer dan e-liquid itu menurut saya berlebihan karena memang tidak ada hukumnya. yg ada aturan mengenai ijin BPOM tetapi sebenarnya berlebihan karena di luar sana banyak sekali barang2 berbahaya yang bahkan tidak ada ijin BPOM tetapi diperjualbelikan dengan bebas. mengenai belum mendapat ijin BPOM untuk e-liquid, juga saya rasa hanya permasalahan uang saja, sejatinya BPOM tidak boleh mempersulit pendaftaran jenis obat dan makanan. Di Amerika saja misalnya vaporizer yang boleh beredar harus memiliki standar2 khusus termasuk dalam standar keamanan, sedangkan liquidnya juga harus memiliki standar2 khusus seperti kandungan yg diperbolehkan hingga kepada kemasannya. sedangkan apabila di Indonesia dilakukan razia dan penyitaan berarti yang melakukan penyitaan dan razia juga harus memilki dasar hukum yang kuat. hukumnya saja tidak ada apalagi memiliki dasar hukum yang kuat?? bisa digunakan asas legalitas yaitu apabila tidak ada aturan yang melarang maka tidak dapat dihukum. intinya dari asas ini adalah hukumnya (contoh: undang-undang, dsb) dulu baru tindakannya (contoh: razia, penahanan, penangkapan, dsb)

454

(2 replies, posted in Kenalan yu...)

salam kenal juga gan. btw di daerah mana?

455

(18 replies, posted in I.V. Regional)

Bolehlah gan. PM nomornya aja gan

456

(7 replies, posted in Atty/RDA/RBA)

Gan, itu clone atw ori? Klo clone, clone mana?

457

(692 replies, posted in General Discussion)

gan ada yg pernah belanja di aliexpress atw alibaba?

458

(14 replies, posted in Mechanical)

Ijin ikut nimbrung. Dari yg ane baca stingray X byk juga peminatnya dan reviewnya juga sangat bagus tp katanya gak bisa d pasang kick y? Klo yg sambungan itu juga bener tp klo gak salah ada juga stingray yg gak sambungan khan? Mohon maaf klo ada salah krn ane juga masih nubi hehe... Mohon penjelasannya y suhu

459

(18 replies, posted in I.V. Regional)

Temen ane byk juga gan yg nubi tp blom pernah masuk indovapor gan nanti ane tawarin gan. Apalagi klo ada vapemeet makin bagus gan

460

(18 replies, posted in I.V. Regional)

raka1252 wrote:
blues wrote:

Saya hadir. Nubi dari jakarta pusat. Salam kenal

Sama Gan saya juga masih niubi big_smile

Jakpus tinggal dimna Gan ?

daerah kemayoran gan

461

(2 replies, posted in Kenalan yu...)

Salam kenal juga. Sama ane juga masih nubi. Btw dr mana?

Salam kenal gan. Boleh tuh info vapemeetnya

463

(18 replies, posted in I.V. Regional)

Saya hadir. Nubi dari jakarta pusat. Salam kenal

464

(64 replies, posted in E-Liquid)

Mangga 2 square'y dmn gan? kpn2 ane mau mampir langsung k tokonya gan

465

(3 replies, posted in Kenalan yu...)

Agan2, mimin, momod, suhu2, pokoknya semua penghuni forum ini salam kenal dari saya nubi di wilayah jakarta pusat.
pengen ikut join and sharing di forum ini. mohon bimbingannya.
terima kasih